Bogor – Ramadhan adalah bulan suci yang mulia, bulan yang dimana pahala dilipat gandakan setiap kebaikannya. Keberkahan yang selalu tertuai di bulannya. Semua orang berburu dalam melakukan kebaikan, salah satunya adalah sedekah berbagi buka puasa.

Sebagaimana hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Dari Zaid bin Kholid Al Juhani berkata, Rasulullah Shalallahu’ Alaihi Wasallam bersabda : “Barangsiapa yang memberi buka orang puasa, maka baginya pahala semisalnya tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Tirmidzi, 807. Ibnu Majah, 1746. Dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban, 8/216. Dan oleh Al Bany dishohih Al-Jami’ 6415).

Atamma Foundation bekerjasama dengan STIQ Ar-Rahman mengadakan program berbagi nasi kotak selama 15 hari pertama di bulan suci Ramadhan. Dalam terlaksananya program kegiatan berbagi nasi kotak tersebut, STIQ Ar-Rahman mengamanahkan kepada beberapa organisasi di STIQ Ar-Rahman untuk menjalankan program ini.

Program kali ini diamanahkan kepada Bidang Dakwah dan Pengabdian Masyarakat DEMA STIQ Ar-Rahman yang berkerja sama dengan Media dan Informasi DEMA STIQ Ar-Rahman dan UKM Jurnalistiq.

Untuk menarik perhatian masyarakat sekitar, Tim Program ini mengangkat nama programnya yaitu, “Ngabuburit Tilawah Tadabbur Keliling”. Kegiatan Ngabuburit Tilawah Tadabbur Keliling ini telah dilaksanakan di beberapa Masjid yang di daerah Sukasirna , Jonggol, Jawa Barat.

Rangkaian acara dalam kegiatan ini diantaranya yaitu, Tilawah, Tadabbur, Buka Puasa Bersama, Nobar Palestina, Sanadisasi Surah Al-Fatihah, dan Makan Malam. Acara ini di hadiri oleh warga sekitaran masjid tempat diadakannya program ini. Setiap hari, Tim program Ngabuburit selalu menyalurkan 100 kotak sajian berbuka puasa setiap masjid yang diadakan kegiatan ngabuburit tersebut.

Menurut pengamatan kami, dari semua masjid yang didatangi, ada salah satu masjid yang cukup ramai oleh antusias warga yaitu, Masjid Nurul Iman Kampung Babakan Jati, Sukasirna, Jonggol. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadikan kita manusia yang saling berbagi kepada sesama di bulan yang penuh berkah.

Oleh : Amalia Arif Ramadhani