Bogor – Senin (5/2/24) STIQ Ar-Rahman mengadakan Workshop Tadabbur Qur’an sekaligus Pembukaan Tahun Akademik semester genap, kegiatan ini diselenggarakan di Aula KHBN STIQ Ar-Rahman.

Pada acara workshop Tadabbur Qur’an kali ini kampus STIQ Ar-Rahman mengangkat bertema, “Menjadi Mahasiswa yang Beretika dan Bertanggung Jawab”. Diangkat nya tema ini ialah Sebagai bentuk penyemangat bagi mahasiswa/i di awal semester genap untuk tetap selalu menjaga etika dan tanggung jawabnya sebagai seorang mahasiswa/i Qur’ani.

Acara ini dibuka dengan sambutan serta nasehat oleh para dosen kepada mahasiswa/i STIQ Ar-Rahman yang kemudian dilanjutkan dengan Workshop Tadabbur Qur’an bersama KH. Deden Muhammad Makhyaruddin.

Pada awal pembahasan KH. Deden Muhammad Makhyaruddin mengenalkan kembali definisi etika dan tanggung jawab. Beliau mengatakan bahwa etika yaitu akhlaq, sedangkan akhlaq ialah seperti khuluqin ‘adzhim (berbudi pekerti yang agung). Sedangkan tanggungjawab yaitu amanah, maksudnya adalah segala sesuatu kenikmatan yang akan ditanya oleh Allah. Beliau juga menekankan bahwa amanah yang besar ialah ‘allamal Qur’an (memahami Al-Qur’an) yaitu dengan cara ber tadabbur.

KH. Deden Muhammad Makhyaruddin juga mengenalkan sebelas poin seseorang yang ber tadabbur Al-Qur’an diantaranya yaitu,
1/ Memahami hakikatnya dan keutamaan ilmu
2/ Niat menuntut ilmu
3/ Kebebasan santri/mahasiswa
4/ Mengagungkan ilmu dan ahlinya
5/ Rajin
6/ Program pribadi
7/ Tawakkal
8/ Waktu menghasilkan jam belajar
9/ Al-akhlaqul Al-ilmiyyah
10/ Istifadhah
11/ Wara’

Acara workshop di akhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ustadz Abd Hafidz Lc. M.pd.I selaku wakil ketua 1 STIQ Ar-Rahman. Acara ini berakhir pada pukul 11.40 WIB.

Oleh : Syaidah Anis Nafisah